Prawiro Coffee Festival #2, Magnet Pecinta Kopi


Yogyakarta - Acara tahunan di sudut kota Jogja akan kembali hadir dalam Prawiro Coffee Festival (PCF) #2 di Jalan Prawirotaman 2, Jogja 16 Agustus 2018. Setidaknya ada 100 stand akan memenuhi jalanan yang penuh dengan bule ini.

Ketua Panitia PCF#2 Anggidita kepada travelpolitan.com mengatakan tahun ini mengambil tema Tirakatan Sambil Ngopi, karena bersamaan dengan malam peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI. Ia mengetakan tahun ini Komunitas Kopi Nusantara tetap akan membagikan gratis ribuan cup kopi dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sumatra hingga Papua.

"Saat ini sudah terdaftar 90-an pegiat kopi yang menyatakan diri akan ikut ambil bagian membagikan kopi andalan mereka," katanya Selasa (14/8/2018).

Anggi menyebut peserta PCF#2 tahun ini dari berbagai daerah mulai dari  Sumatera hingga Bali dari pelaku bisnis kopi, coffeeshop dan petani kopi hingga bisnis industri ikutannya.  

"Sumatera misalnya muncul kopi-kopi asal Aceh, Medan, Palembang, dan Lampung yang dibawa para pegiat dari daerah asalnya. Selain itu masih ada kopi Bali, Madura, hingga kopi Papua yang terkenal dengan kopi Arabikanya," katanya.

PCF#2 berbeda dengan tahun sebelumnya karena dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 21.30 WIB. Namun ribuan kopi gratis akan dibagikan mulai pukul 15.30 hingga pukul 18.00 WIB.

"Ada empat panggung yang tersebar mulai dari depan hotel Metro hingga depan hotel Pandanaran. Acara macem-macem ada hiburan berupa dari penampilan dari berbagai kelompok seni  dan para seniman sketsa, diskusi kopi, serta bagi-bagi hadiah," katanya.

Menariknya dalam event kopi kali ini ada acara tirakatan yang merupakan kerjasama dengan warga setempat, di Kampung Prawirotaman dan Karangkajen, Jogjakarta. Seperti tahun lalu acara tirakatan akan ada moment menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Nanti ada satu moment dimana saat tirakatan itu akan nyanyi seara bersama-sama antara masyarakat dengan peserta yang datang dari berbagai daerah ini," katanya.

Donasi dan Tos bareng

Anggi menyebut dalam acara ini juga akan ada donasi untuk korban gempa bumi lombok.  Selain itu juga akan ada tos kopi bareng. Dimana para peserta, pengunjung dari masyarakat yang hadir di jalan Prawirotaman 2 akan bareng-bareng mengangkat cup kopi mereka.

"Ya pukul 17.30 WIB kita ada tos bareng, temanya angkat cup mu untuk kopi nusantara," katanya.

Acara tos bareng ini memiliki pesan dan tujuan yang jauh kedepan yaitu terwujudnya sebagai kota wisata sekaligus menjadi rintisan terwujudnya Yogyakarta sebagai kota wisata kopi. 

"Merajut kopi nusantara, nanti wakil dari Banyuwangi ada pelaku wisata di Banyuwangi menggunakan kemunitas kopi untuk wisata kopi," katanya.

Post a Comment

Travelpolitan on Instagram

Copyright © TRAVELPOLITAN. All right reserved.